Mengenal Sejarah dan Pengertian Out Bound

out-bound-lembang14Out Bound menurut berbagai sumber sejarah pada awal berdiri nya bernama Outward Bound yang dimulai sejak tahun 1941, ketika itu seorang ahli pendidikan yang berkebangsaan jerman yang bernama kurt hann yang di kala itu mendapatkan sebuah pekerjaan dari lawrence holt – seorang pengusaha kapal niaga.
Holt mempunyai sebuah masalah di kala itu dimana kinerja para awak kapal nya sangat rendah, terutama soal kerja sama team, Akhir nya kurt hann menerima tawaran itu, untuk mengatasi persoalan tadi, ia mengadaptasi suatu konsep.
Dalam konsep ini, hann mengembangkan sebuah training management di sebuah alam terbuka bagi para awak kapal sebagai meduim mereka dalam belajar mematangkan diri dan mengenal lebih dalam tentang sebuah potensi diri mereka masing – masing, melalui sekolah Outward Bound dengan bantuan lawrence holt maka didirikanlah sebuah sekolah Outward Bound di Aberdovey, wales pada tahun 1941 yang bertujuan untuk dapat melatih fisik mental terutama para pelaut muda kala itu.

Selanjut nya sekolah atau pelatihan yang telah di ciptakan ini bertujuan untuk melatih fisik dan mental para pelaut muda guna menghadapi ganas nya pelayaran di lautan atlantik pada masa itu, ini di karenakan negara inggris ikut terlibat dalam perang dunia II. inilah kaitan nya kegiatan Outward Bound atau yang pada saat ini bernama Out Bound dengan dunia perkapalan atau kelautan.

Kegiatan Out Bound pada awal nya di gunakan untuk kegiatan mendaki gunung dan petualangan laut sebagai sebuah media pelatihan nya. dr Kurt Hann menganggap bahwa kegiatan berpetualang bukan merupakan kegiatan yang main – main melainkan sebagai wahana berlatih anak – anak muda untuk ajang menuju kedewasaan.

Mengenal Sejarah out Bound Di Indonesia

out-bound-lembang13Sebagai kegiatan yang sudah banyak diselenggarakan komunitas atau perusahaan, kini outbound dikenal sebagai sebuah pembelajaran atau motivasi untuk membentuk karakter seseorang atau team work. Didalamnya terdapat berbagai jenis simulasi maupun permainan yang bisa melatih  kesabaran, kemandirian, empati, kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, tanggung jawab, dsb. Dimensi alam sebagai obyek pendidikan dapat menjadi sarana yang memadai sekaligus tempat bermain yang mengasyikkan  dengan berbagai metodenya.

Seiring berjalannya waktu, kegiatan outbound juga merambah sebagai salah satu metode pembelajaran luar sekolah yang diantaranya bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas, minat, bakat dan mengasah potensi diri para siswa.

Banyak pendapat yang mengelompokkan kegiatan outbound menjadi beberapa jenis, namun umumnya jika dilihat dari aktivitasnya, outbound terbagi menjadi 2 yakni :

  • Fun Outbound yang diisi dengan game ringan baik di alam terbuka maupun hall atau aula. Jenis permainannya biasanya lucu dan tidak menggunakan tantangan fisik yang terlalu besar. Outbound jenis ini cocok untuk peserta usia sekolah dan diatas 40 tahun.
  • Outbound Training adalah kegiatan outbound yang memerlukan unsur dan tantangan fisik yang lebih besar dengan prinsip menyatu dengan alam setempat. Outbound jenis ini biasanya diisi dengan survival games, adventure, jungle survivel, hiking, highrope, dll. Peserta harus siap dengan berbagai situasi yang sulit dan penuh tantangan alam. Untuk menggelar outbound jenis ini, dibutuhkan pengajar / instruktur yang menguasai medan dan materi.

Dari kedua jenis diatas, materi outbound biasanya mencakup 3 bagian yaitu :

  1. Ice Breaking (mencairkan suasana) : permainan untuk memecahkan suasana yang  bisa disebut juga sebagai perkenalan  atau pemanasan. Dalam sesi ini para peserta diharapkan lebih mengenal antara peserta yang satu dengan yang lainnya.
  2. Communication (komunikasi): peserta akan dikoordinasikan dalam situasi permainan-permainan yang menarik sehingga tidak membosankan. Dengan berkomunikasi, dapat membangkitkan rasa percaya terhadap rekan dan kelompoknya.
  3. Team Build : permainan yang bersifat menghibur serta mengajarkan kepada peserta mengenai berbagai pengetahuan yang hanya bisa diperoleh melalui pengalaman sendiri. Dengan permainan ini, akan memperkaya wawasan sekaligus memberikan motivasi kepada para pesertanya

    Dengan mengikuti kegiatan outbound, diharapkan para peserta dapat memiliki sikap dan karakter yang lebih baik misalnya menjadi lebih kreatif, mandiri, disiplin dan bertanggung jawab. Perbaikan karakter tersebut akan mendatangkan banyak manfaat bagi kehidupan.

Demikian artikel singkat kami mengenai sejarah serta manfaat dari kegiatan Out Bound yang sangat populer pada saat ini, bagi anda yang berminal untuk dapat melaksanakan program ini anda bisa segera hubungi kami dengan melalui sebuah halaman kontak kami yang telah kami sediakan untuk anda.